Mau Transfer Domain? Ikuti Langkah-langkah ini

Apabila Anda tidak ingin lagi mengatur domain Anda di tempat webhosting yang sekarang, Saya SANGAT merekomendasikan untuk melakukan transfer domain SEBELUM membatalkan kontrak sewa domain. Sebelum Anda sakit kepala karena prosesnya tidak bisa selesai 1 hari.

1. Verifikasi setidaknya domain Anda telah terdaftar 60 di hosting yang sekarang.

Menurut peraturan ICANN, Anda tidak dapat mentransfer domain ke provider lain sampai 60 hari setelah tanggal pendaftaran domain Anda. Jadi sebaiknya periksa
tanggal registrasi domain Anda dulu.

2. Unlock domain Anda

Untuk alasan keamanan domain yang terkunci tidak dapat ditransfer (dipindahkan ke provider hosting lain). Jadi kalau Anda tidak berniat melakukan transfer domain sebaiknya Anda tidak melakukan Unlock domain
3. Konfirmasi dari Alamat email administrasi domain
Provider baru akan mengirimkan email ke kontak administrasi domain Anda, dan melakukan konfirmasi.
4. Tulis Authorization Code
Ini seperti password, kita membutuhkan ini untuk melakukan transfer domain. Jangan pernah membagikan dengan orang lain. Untuk mendapatkan Authorization Code ini tergantung kebijakan masing-masing provider hosting. Yahoo! bisa langsung dilihat di domain manager. Ada juga yang harus kita kirimi email untuk permintaan Authorization Code ini ke pihak provider lama. Jadi ada baiknya Anda menghubungi provider untuk meminta kejelasan caranya.
5. Menghubungi Provider baru
Sekarang sudah siap, waktunya menghubungi provider baru untuk memulai transfer. pastikan Authorization Code sudah di tangan. Provider baru Anda akan membutuhkanya untuk proses transfer.

Pastikan pula provider baru bisa me manage pendaftaran domain. Apabila tidak, jangan batalkan sewa di hosting lama (cancel plan).
* tips : tanya ke pihak provider baru untuk menanyakan apakah pihak mereka bisa me manage pendaftaran domain.
6. Cancel Your Plan
Saat transfer Anda sudah selesai, INGAT, PROSES TRANSFER TELAH SELESAI, dalam arti email konfirmasi transfer dari provider lama selesai, status transfer dari provider baru juga sudah selesai. LAKUKAN CEK ULANG !.. Anda siap melakukan pembatalan kontrak (cancel plan) dengan provider lama. Proses ini bisa memakan waktu sekitar 9 hari kerja.

Pembatalan kontrak ini hanya untuk memastikan bahwa Anda tidak lagi membayar layanan yang sudah TIDAK Anda gunakan lagi.

Mohon maaf apabila dalam penulisannya tidak mengacu pada EYD karena saya ingin memberikan penekanan secara visual agar berhati-hati dalam tiap tahapannya.

,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: